Selasa, 15 Oktober 2019

FILM JOKER : Catatan Sambungan

Catatan Sambungan, yang Sedih.

Baru banget minggu lalu aku cuap-cuap tentang Film Joker, rendahnya kesadaran sosial netijen, tingginya jumlah pengguna FB/Twitter, kasus sembarang ngomong/kasih feedback, perkara bunuh diri dan imbauan belajar banyak mendengarkan.

Kita masih acuh, mungkin karena yang bunuh diri itu Robin William komedian dari USA, atau karena yang bunuh diri itu Chester Bennington juga musisi USA, atau karena yang bunuh diri itu Sully adalah aktris Korea yang masih cukup jauh dari Indonesia. Tapi kemarin yang bunuh diri itu anak SMP dari Kupang, loh........ (gw nangis baca beritanya dan yang mau bilang gw baper atau lebay, bodo amat!) Jaman sekarang di desa, berita bukan lagi tentang mati kelaparan, tapi mati bunuh diri!!!!!!!! Sekarang Indonesia punya masalah sama kaya negara maju Jepang, BUNUH DIRI, what a progress!!

Kita masih acuh, mungkin karena belum ada teman dan keluarga dekat yang bunuh diri. BUT HEY, HARUSKAH KITA MENUNGGU KELUARGA JADI KORBAN DULU BARU ACUH? Awful!❌

10 Oktober itu Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan tema tahun 2019 adalah Pencegahan Bunuh Diri. Ini adalah keputusan WHO (World Health Organization). WHO itu adalah salah satu organisasi PBB. Catatan-catatan aku bukan drama, bukan sesimpel pengen nyindir satu dua orang, bukan kata bijak dari google searching. Ini masalah kita, masalah dunia. Sama gentingnya sama masalah global warming! Gimana cara nya shay mau nyelamatin alam kalo nyelamatin manusia yang lo bisa ajak ngomong aja lo gagal? Katanya kalian pada ga setuju sama aborsi, tapi kenapa kalo udah lahir, besar, stres, malah dibiarin sendirian?

"Iya Lia, tapi kalo orang sakit mental itu pas ketemu terus senyum gitu gimana caranya juga kita tahu dia sakit?"

Easy. Ajak ngobrol dan kamu yang aktif nanya (tersirat kepo tapi bukan), dan sesekali selipin dirimu sebagai contoh kalau kamu pernah di posisi yang sama.

Anak kecil kalo jatuh, karena takut diketawain, dia bakal nahan tangis. Tapi pas mamanya peluk, trus nanya 3 kali, "Sakit ya dek?", pasti langsung mewek kan? Sama deh.

Catatan ini bukan mau menghakimi, aku benar kamu salah atau sebaliknya. Aku cuma pegawai hotel biasa yang belum punya duit lebih buat mendirikan yayasan sosial. Aku cuma pegawai hotel biasa yang belum punya banyak pengikut untuk bisa kampanye besar-besaran. Tapi aku percaya, gak harus jadi orang besar dulu baru bisa peduli sesama. Gak harus punya uang banyak dulu baru bisa bantu sesama. Gak harus jatuh dulu baru tahu rasanya sakit. Gak harus 24 jam jadi Mother Teresa dulu baru boleh peduli orang sakit. Aku cuma cewek baperan yang katanya suka caper. Kebetulan Tuhan kasih kelebihan buat nulis, yaudah ini usaha aku. Kebetulan Tuhan kasih dua telinga berfungsi normal, yaudah itu usaha aku. Kita bisa kok empati, bisa kok diasah, bisa kok dipelajari.

Kalau kamu punya harta lebih, bisa sumbangin makanan/pakaian. Kalau kamu, merasa dalam kondisi mental dan emosi yang lebih baik, berarti bisa sumbangin pikiran dan support positif ke orang lain, bukan malah gibah 😎 hati-hati kalo kamu yang kebanyakan gibah, jangan-jangan kamu gak sadar kamu yang lagi sakit, ups, itu lebih bahaya lagi loh 😭😭

So back to the main point, aku mau ngajak teman-teman buat saling meningkatkan kesadaran kita. Kesehatan fisik dan kesehatan mental itu sama-sama masalah kesehatan. Biasa aja kan pergi ke GYM waktu tahu badan kurang olahraga? Harusnya pergi ke Psikiater waktu tahu mental mulai kurang sehat, atau pikiran mulai stress, atau waktu ngerasa kesepian, juga hal yang biasa aja. Berhenti jadikan Rumah Sakit Jiwa sebagai lelucon memalukan! Kalian pikir cuma kuliah teknik aja yang bisa ngabisin 8 tahun? Jadi Psikiater itu kuliah nya juga bertahun-tahun keles, shay!

Mind is everything, it has all the control setup, taking care of it is more important.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro