Selasa, 02 Juli 2013

30 Hari Mencari Nilai (KKN part 1)

Kali ini gue pengen cerita tentang KKN (Kuliah Kerja Nyata).
Kampus gue sendiri (UBH) baru ngejalanin program ini sebanyak tiga kali, sejak tahun 2010 kemarin.

Nah, tahun ini (2013) adalah jatahnya angkatan gue (2010). Sama deh kayak yang dilakuin kampus2 lain. Dalam program ini, mahasiswa ditempatkan di lokasi terpencil (desa, kampung, atau jorong) dan diharapkan bisa memberdayayakan masyarakat, mengaplikasikan ilmu teori yang sudah didapat di bangku kuliah.
Sebenarnya gue males banget ngejalanin program kampus yang satu ini. Berikut alasannya :

1.  Ngabisin banyak (sekali) biaya. Untuk pembayaran administrasi pertama aja Rp 750ribu. Dan biaya segede itu belum termasuk biaya hidup gue di lokasi KKN nanti. Setelah gue itung2, untuk biaya hidup (makan+minum), uang kenang2an, uang sumbangan bla bla, ternyata gue mesti ngeluarin kocek kurang lebih Rp 600rb. Heu, alhasil di akhir cerita gue mesti lunasin utang dimana-mana deh (HAHA)

2.  Gak efektif. Iya, program merakyat seperti ini kurang (baca: tidak) efektif buat jurusan bahasa asing (bahasa Jepang) kaya gue. Akan lebih efektif buat jurusan pertanian, perternakan, perikanan, ekonomi koperasi, dan sebagainya. Dimana jurusannya emang lebih dekat dengan aktivitas masyarakat desa sehari-sehari. Sementara gue ??? -_-

3.  Ini sebenarnya agak pamer sih. Seminggu sebelum KKN gue dapet rejeki pergi ke Jepang. Dan gue baru tiba di Padang itu tanggal 30 Juni. Sementara gue harus pergi KKN tanggal 1 Juli. Dan notabene nya nih, selama di Jepang, gue ga ada nyuci baju. Bukannya males, tapi asli mahal banget buat laundry bookkk! Sementara kalau dipaksa nyuci sendiri, rempong gimana gitu, karena waktu di sana, jadwal gue udah diatur padat banget (sombong). Kalau kecapekan ya bakal ga bisa nikmatin waktu deh. Padahal kan jarang2 gue bisa hidup bak orang kaya (bisa cek di cerita sebelumnya). Sumpah, capek banget!

But, at least, mau gak mau, gue tetep harus ngejalanin yang namanya KKN. Gimana gak cobaaaaaa, KKN ini punya jatah 4 sks dan sifatnya WAJIB. Kalau nilai KKN gue jeblok, udah pasti bakal ngasih pengaruh yang WAW banget buat IPK gue nantinya. Emang pandai banget nih pihak kampus! >w<

Dengan konsep yang seperti itu, ga salah kan kalo menurut gue, KKN yang katanya buat pemberdayaan masyarakat ini sebenarnya cuma kegiatan 30 hari mencari nilai.

OKE, FINE. Itu sekilas tentang gimana awalnya gue nyesek banget tentang adanya KKN. Dan yang mesti lo tau, dari awal rencana gue masuk kuliah di universitas swasta ya supaya ga ketemu program yang satu ini lohh, tapi ternyata dewi fortuna malah selingkuh sama yang lain, hiks TwT

1 Juli 2013, hari pertama gue langsung cuuuus ke lokasi KKN. Dan gue bersyukur banget dapet lokasi KKN paling dekat dari semua lokasi yang udah ditentuin pihak kampus. Namanya Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Dan gue diletakin di Korong Guci, dan tinggal di rumah mantan wali korong Guci. Dan di rumah ini gue tinggal bersama 4 orang lainnya. Salah satunya teman gue satu jurusan, yaitu Putri. Tiga orang lainnya ya teman baru dari beda jurusan and fakultas. Ada Zura (arsitektur), Adek (pendd. Biologi), dan Silvi (pendd. Mat).


Sebenarnya jadwal pergi ke lokasi KKN itu pukul 7 pagi. Tapi karena kejadian yang gue ceritain di atas, gue minta izin sama dosennya dan dibolehin ke lokasi KKN jam 8 malam. Capek banget ngejar-ngejarin cuci baju dulu. Huh!

Oke deh, sekian duluuu yawww ! >_<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro