Jumat, 02 Agustus 2013

30 Hari Mencari Nilai (KKN part 2)

Nah, penasaran sama apa aja yang gue lakuin di lokasi KKN??? Simak yaaaaaaaa, mana tahu bisa jadi inspirasi buat lo pada yang belum KKN ^_^

1.  GORO Mushola

Ini adalah kegiatan pertama. Yagitudeh, ajang PDKT gitu sama masyarakat. Rencana mau eksis, tapi nyatanya terakhir gue malah tepar, HAHA. Secara fisik emang kelihatannya gue sehat-sehat dan jauh dari penyakit apapun. At all, bener sih. Cuma ya gini, yang namanya rambut gue tipis banget, jadi kalau kena sinar matahari lebih dari 5 menit aja, langsung rasanya nyuut nyuuut bangeeeet. Awalnya gue nahan diri aja. Males banget mesti ngadu trus bilang : “Teman2, lia pulang dulu ya. Kepala lia sakit banget nih!” Yang ada mereka pastinya langsung bilang : “Issh, sok manja banget sih. Baru kena matahari dikit aja. Goro donk! Capek sama2! Gue juga kepanasan kok!”

Ini waktu masih sok pengen eksis XD

detik-detik tepar


ini foto terakhir yang ada gue nya, sebelum akhirnya tepar di mushola *udah pucat banget* XD


Menghindari tanggapan seperti itu, gue pertahanin diri gue, sampe akhirnya gue ngambil posisi pewe di pojokan mushola dan seorang teman menemukan gue lalu teriak : “Woy! Ada yang bisa nganterin Lia pulang gak?! Udah pucat banget tuh mukanya!”

2.  Pengenalan Budaya Sukses Jepang di SMPN 3 Batang Anai

Ini adalah kegiatan yang menjadi program pokok gue (istilah KKNnya). Dalam kegiatan ini gue datang ke salah satu sekolah yang ada di sana yaitu SMPN 3 Batang Anai. 




Setelah cari informasi dan konfirmasi ke pihak sekolah, gue diijinin masuk buat presentasi di salah satu lokal kelas 3, lokal unggulan mereka. Gue presentasi tentang budaya masyarakat Jepang yang bisa bikin mereka jadi sukses. Dari hasil absen+evaluasi yang gue sebarin ke mereka, mereka ngakunya enjoy dan interesting banget sama presentasi gue. Bahkan sampai ada yang minta tambahan waktu. Ya gue ngerasa senang aja, ternyata kedatangan gue ga sia-sia. Hehe

3.  Pengenalan Kreasi Menjahit Flanel


Nah kalo ini, namanya program tambahan. Awalnya gue cuma nawarin basa-basi aja ke anak2 SMP yang tadi gue presentasiin. Gue kira ga bakal ada yang minat sama dunia jahit menjahit flanel. Tapi nyatanya ada sekitar 6 orang anak yang mau ikut gabung sama gue. Kami ngadain 3 kali pertemuan. Walaupun harapan gue sampai 6 kali pertemuan sih. Tapi gapapalah, minimal mereka udah bisa menjahit flanel sederhana. Waktu juga udah kepepet banget soalnya, ditambah lagi mereka juga ada jadwal pesantrenan gitu.


4.  Narasumber Pesantren : Pentingnya Kemampuan Komunikasi Publik

Kalo kegiatan yang satu ini, kegiatan yang idenya datang dari alam bawah sadar ! HAHA. Jadi ceritanya waktu itu, sekitar jam 3 an subuh kali yaa. Gue ngerasa punya keyakinan bakal sukses dan keren kalau ngadain kegiatan sejenis seminar public speaking gitu. Dan ntah kenapa feeling gue kuat banget, kalau itu bakal kejadian.

Awalnya share sama teman2 KKN lainnya, dan ide gue ga banyak dapat tanggapan. Gue udah pasrah aja, udah gak berharap banyak kalau ide gue ini bakal terlaksana. Tapi akhirnya, seminggu sebelum kepulangan, ada ibu PKK yang ngunjungin posko kami. Gue iseng2 aja cerita pengen ngadain seminar public speaking. Ehhh, pucuk dicinta ulam pun tiba. Gue langsung ditawarin jadi narasumber buat kegiatan pesantrenan di salah satu mesjid di sana. HAHA. Mendengar kegiatannya di mesjid, sebagai umat Katolik alias non muslim, awalnya gue agak beware sih. Tapi pas gue bilang kalau gue non muslim, si ibu cuma bilang : “Ohh, gapapa. Tapi nanti pakai selendang yaa.”



Asiiiiik >w< Akhirnya kegiatan nya sukses juga. Ini kali pertama gue ngomong di mesjid dah, pakai michrophone mesjid lagi! Suara gue membahana deh di dengar masyarakat sekitar mesjid. HAHA

5.  Pembuatan Papan Struktur Kepengurusan Wali Nagari, PKK, dan BAMUS

Hmm, kali ini kegiatannya datang bukan dari keinginan gue. Ini sih, permintaan dari pihak kantor wali nagarinya. Berhubung papan yang lama udah usang, dan datanya udah ga up to date, mereka minta tolong deh buat bikinin papan yang baru.



Yap, gitu deh sekilas tentang kegiatan gue selama di sana. Selain itu, gue sama teman2 KKN lainnya sempet juga ngadain kegiatan buka bersama warga, sekaligus penyerahan lapangan takraw yang udah di buatin teman2 cowok buat korong Jambak (korong lainnya di nagari yang sama). Check it out!



buka bersama warga


penyerahan lapangan takraw o.O

1 komentar:

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro