Minggu, 11 Agustus 2013

Menulis Hidup

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. (Mama, 84)” -Pramoedya Ananta Toer-

Potongan kata-kata di atas mungkin udah sering lo temuin di sosmed, atau mungkin lo baca sendiri di buku apa gitu. Karena emang itu kata-kata ya keren banget.

Beberapa dari lo mungkin sering nge-judge gue lebay. Sebenarnya, gue akui, oke, emang gue sering ngelakuin segala sesuatu secara berlebihan. But hey guys! Gue cuma ga bisa ngelewatin hari dengan biasa-biasa aja, dan ngelakuin sesuatu dengan cara yang sama seperti kebanyakan. Gue ngerasa yang namanya waktu itu akan berputar cepat, dan yang namanya hari ini adalah saatnya buat gue untuk ngisi memori di masa depan. Kalau gue hidup biasa-biasa aja, akhirnya apa? Di masa depan, gue ga punya banyak hal buat jadi cerita, pengalaman, atau apa gitu ke keturunan gue. That's why, tiap hari gue ngerasa perlu ngelakuin hal-hal secara berbeda, kadang terkesan berlebihan. Itu aja kok. Semoga deh, sejak baca penjelasan gue, lo semua mulai ngerti jalan pikiran gue.

Dan satu hal lagi, beberapa dari lo mungkin sering nge-judge gue alay. Tapi please, buat yang satu ini gue ga setuju. Gue emang suka nge-post hal-hal yang terjadi dalam hidup gue di sosmed dsb, tapi that's not mean gue alay. Karena pengertian alay ga cuma karena masalah sedangkal itu. Gue emang tipe orang yang ekstrovert, merk nya aja udah sanguinis. Orang yang punya kepribadian sama kaya gue pasti juga ngerti gimana perasaan gue. Hati kecil gue itu ngerasa kalau kisah hidup gue itu terlalu indah buat gue nikmatin sendiri. So, gue ngerasa sedikit lebih lega kalau udah nge-postnya ke sosmed. Lagian sampe detik ini, gue ga pernah tu nge-post yang aneh-aneh, atau yang merusak kepribadian orang lain. Malah kadang, jujur aja deh, dengan apa yang gue post, bikin lo jadi nambah pengetahuan baru dan bikin lo dapat inspirasi *edisi sombong*.

Nah, itulah hubungannya, mengapa gue mengawali tulisan gue ini sama kutipan om gue si Toer. Menulis. Banyak tujuan kenapa gue selalu mencoba menulis, menulis, menulis, dan menulis. Tapi ga ada satupun di antaranya karena gue pengen suatu saat tulisan gue masuk di koran nasional atau internasional -_-

Satu, gue senang nge-rekap semua kejadian hidup gue. Buat jaga-jaga mana tau suatu saat gue anemsia. Hal positif pertama yang gue rasain setelah menulis adalah lega. Setelah gue berhasil ngeluarin semua yang ada di kepala gue. Karena ga ada yang namanya teman yang selalu setia 24 jam buat dengerin cerita kita. Dulu, layaknya anak perempuan normal, gue masih ngandelin curhat sama boneka. Tapi setelah gue takut bakal jadi gila, gue mulai menulis. Ga cuma perasaan sedih yang perlu buat lo ungkapin saat menulis. Rasa bahagia juga penting buat lo tulis. Supaya suatu saat waktu lo ngebaca-baca tulisan lo, lo bakal ingat, kalo hidup lo ga selamanya sedih. Dan bikin lo ngerasa lebih bijak daripada biasanya.

Kebiasaan nulis juga bikin lo sering introspeksi diri. Contohnya kemarin lo nulis lo lagi galau. Hari ini lo nulis galau juga. Dan ternyata sejak seminggu lalu, lo nulis galau juga. Lo bakal nemuin kejenuhan, dan berpikir : "Besok gue ngapain yaa, blog gue bakalan ngeboringin deh, kalau ceritanya galau terus." Walaupun sebenarnya lo talk tentang blog, tapi sebenarnya secara ga sadar lo talk about your life! And then akhirnya apaaaa? Apa yang terjadi di hidup lo semuanya akan benar-benar tergantung di tangan lo!

Menulis itu pekerjaan simpel, tapi secara tidak sadar, punya efek tersendiri loh! So, bijaklah untuk menulis!
Habibie aja waktu batin nya terganggu karena kehilangan istri tercintanya, dokter cuma ngasih dua pilihan : terapi atau menulis. Dan ketika Habibie milih menulis, ternyata tulisannya memukau dan akhirnya di-filmin sama orang. Coba bayangin deh guys! Ga usah ngarep tulisan lo bakal di-filmin yaaa, walaupun itu normal2 aja. Hehe. Tapi, please, liat khasiatnyaaaa ^_^

Oke! Selamat menulis hidupmu! >_<9 span="">

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro