Rabu, 16 Januari 2013

Curhat Sapanjang Tali Baruak


Sedih banget. Kesal banget. Argh. Gila, gue muak.

Malam ini rasanya emosi banget.

Salah seorang senior gue nawarin buat ikut ke Damasraya, buat nemenin seorang guru (sensei) dari Jepang, dalam rangka promosi tari Jepang. Jarak Padang – Damasraya itu kira-kira 8 jaman. Jadi ya kemungkinan paling cepat pulang ke Padang lagi ya jam 12 malam, alias mesti nginap.
Gue pun nanya baik-baik ke mama, boleh apa nggak gue ikut. Dan jawabannya cuma dua kata : “Tidak bisa.”

Gue pun ngabarin hal itu ke senior gue yang ngajak tadi. Trus dia ngebales bilang pengen jadiin gue sebagai MC dan dia sedikit memohon. Si senior kira gue bercanda, pas gue bilang gue ga bisa pergi. Tapi ya udah. Gue ga tegaan banget, dan ya gue seneng bisa diajak seperti itu. Alhasil gue nawarin si senior buat hubungi mama langsung. Gue kira ini jalan yang baik, supaya mama dan senior itu bisa sama-sama percaya omongan gue.

In the end, semuanya sama aja. Gue tetap ga boleh pergi. HAHAHA :D dan terakhi mama ngirim sms yang super duper ekstra panjang banget.

“Ia, mama gak suka nomor hape mama dikasih ke orang yang tidak mama kenal, hanya untuk alasan supaya mama bisa izinkan ia pergi. Ia, jika ada tawaran seharusnya Ia pikir2 dulu ya, minta pendapat dulu. Coba apa yang Ia kejar kesana kalau hanya untuk jadi MC. Tugas Ia tu belajar yang baik, pikir itu pelita hati. Atau mau Ia papa kambuh sakitnya. Mikir Ia. Ia tu harusnya mikir, sedang sekarang aja kalo Ia pulang setiap hari malam, papa tu gak bisa tenang di rumah. Mama ne jauh di PKU ini cari makan nak, buat kalian. Satu hal lagi, kalo ada kejadian yang tidak diinginkan, penyesalan gak ada gunanya, jaga diri baik-baik. Mama mo tidur lagi, GBU.”

Sebenarnya dari awal gue udah kesal, tapi gue masih tahan-tahan emosi, dan berusaha menyikapinya dengan dewasa. Menganggap bahwa, kalau pun bukan sekarang, gue mesti percaya, gue pasti bakal ngertiin ini nanti, suatu saat. Tapi setelah baca sms mama di atas, air mata gue langsung jatuh, bercerai derai berai perai, hahaha. Asli gue muak. Ini saking muaknya, gue masih coba ketawa di curhatan gue, pemirsa. HAHA :D

Sumpah, sekali lagi gue catat, gue MUAK BANGET. Pengen banget rasanya nyarutin semuanya ! Udah hampir 20 tahun, dan masih belum boleh menginap?? Bahkan pulang malam dikit aja, ancamannya segudang ! Kadang gue bingung, gue mesti kesal karna lahir sebagai cewe, terlahir sebagai anak cewe bungsu, atau sebagai orang batak?! Kayaknya pilihan ketiga paling OKE !!

Sekarang udah pantas belum, kalau gue pengen bilang taik?!

Kalian baca deh tu sms mama. Seakan-akan pengen bilang, kalau papa sakit-sakitan selama ini gara-gara gue! Seakan-akan gue terlahir cuma ngerepotin aja ! Seakan-akan gue pengen papa mati! TAIK !

Kenapa, seakan-akan gue terus yang mesti mencoba ngerti in kalian?! Giliran beginian, gue mesti dipaksa berpikir dan bersikap jauh dari umur gue. Tapi giliran masalah nginap aja, gue diperlakukan kayak anak 10 tahun ! TAIK !

Harusnya kalian juga mengerti, bagaimana saya dan gejala saya diumur yang sekarang ini. Harusnya tahu kelabilan saya. Kalau kalian memang tahu sampai mana kemampuan berpikir saya. Harusnya tahu bagaimana menyikapi saya. Harusnya tahu bagaimana cara perasaan saya berkembang.
Tapi kalian nggak pernah mau tahu.
Oke. Gue ga pernah pengen papa sakit. Tapi gunanya apa kepedulian gue? Papa tu sendiri yang emang pengen sakit! Papa tu sendiri yang emang pengen mati! Kan udah sering dengar sendiri papa ngomong gitu! Percuma juga kita berusaha buat orang yang ga mau berusaha buat dirinya sendiri! Gue capek! Gue bukan anak gadis kalian yang paling kuat!
Kalau emang papa tu pengen sembuh, pengen sehat, dia harusnya tahu, udah berapa banyak pengorbanan yang kita udah lakuin. Kenapa mama ga sms papa kaya gitu? Kenapa mama ga ngeluh sama papa, kalau mama kerja jauh-jauh ke Pekanbaru itu buat kita semua. Kenapa malah sama lia? Emangnya lia bisa apa? Lia bisanya cuma belajar serajin yang lia mampu, Ma!

Kalau emang papa tu pengen sembuh, harusnya papa tu ga perlu merokok lagi! Harusnya papa tu ga perlu pakai acara pulang tengah malam terus, pakai acara main domino tiap malam.

Papa bilang, lia aja yang bikin papa cemas? Papa juga udah bikin Lia cemas tahu! Papa kira tidur Lia nyenyak tiap malam, ha!? Setiap malam tu, doa lia tu cuma minta diijinkan Tuhan buat liat papa besok pagi, besok paginya lagi, dan seterusnya. Papa kira lia gak dengar papa sesak-sesak napas setiap malam?! Lia dengar, Pa! Papa kira bisa lia tidur tu? Setiap malam lia takut buat tidur Pa. Lia takut kalau nanti Lia bangun, lia nyesal karna ga bisa liat papa lagi. Bukannya lia doain papa cepat mati. Tapi karna Lia trauma Pa! Lia udah trauma liat papa waktu pertama kali papa kena stroke! Lia trauma liat muka papa yang serba pencong-pencong, trus ngesot di lantai, trus ngomong kaya orang bele! Lia trauma liat papa pagi-pagi, bergelantungan di gagang pintu dengan badan kayak orang pincang! Dan Lia trauma pa, liat papa yang ga berdaya di atas kasur rumah sakit, dan di samping papa cuma ada Lia !! Sementara Lia ga bisa apa-apa dan ga boleh nangis. Karena kalau lia nangis, itu bakal nambah pikiran nya papa, dan papa bakalan tambah sakit. LIA TRAUMA SEMUA ITU ! Lia ga mau itu terjadi lagi Pa. Lia ga mau papa sakit. Percayalah.

Lia juga gak mau liat mama capek-capek kerja ke Pekanbaru, Ma. Tapi apa yang mesti Lia buat? Cuma belajar rajin-rajin. Hasil yang memuaskan selalu berusaha lia capai, Ma. Kalau emang gampang cari kerja tu, mau lia ga kuliah, mau lia bantu mama cari duit. Kalau memang dari awal mama pengen lia di rumah aja, mama pengen lia bantu-bantu pekerjaan rumah tangga, kenapa ga usah aja kuliahin lia dari awal. Kenapa ga dari awal suruh lia di rumah aja. Ujung-ujungnya kaya gini, lia jadi serba salah Ma! Mama udah biayain Lia mahal-mahal kuliah, Lia juga udah belajar rajin2. Tapi percuma kan, mama tetap ngeluh-ngeluh kaya gini, bilang Lia kaya gini kaya gitu, seakan-akan kehadiran Lia ini benar-benar ngerepotin mama. Dan apapun usaha yang Lia lakukan ga akan ada gunanya buat mama, buat kalian.

Sudahlah.
Nyerah Lia.
Terserahlah lagi.
Lia harus jadi batu karang yang tidak akan pernah sakit hanya karena kehujanan.
Lia harus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro