Sabtu, 07 April 2012

Infrastruktur di Indonesia


Kali ini saya akan mencoba menulis tentang infrastruktur di Indonesia. Karena infrastruktur sebuah negara mempengaruhi tingkat ekonominya. Terutama di bidang transportasi, transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara. Selain itu saya juga akan memberi sedikit solusi yang baik untuk masa depan.

Transportasi darat di Indonesia sangat membutuhkan perhatian yang lebih. Sebab seperti yang kita lihat sekarang. Di transportasi darat sering terjadi kemacetan dan kecelakaan. Ini dikarenakan kondisi jalan yang rusak dan terlalu banyak mobil berat. Seperti truk pengangkut barang dan tanki yang membuat jalan semakin rusak parah. Sebaiknya jalur darat benar-benar difasilitasi, agar semua pengguna, mulai dari pesepeda, motor, mobil, truk, bahkan pejalan kaki, mendapat kepuasan yang merata.

Tidak hanya transportasi darat, tetapi transportasi udara juga perlu diperhatikan. Seperti yang terlihat sekarang keadaan bandara2 di Indonesia. Kondisinya sangat buruk. Tidak usah melihat hal yang besar-besar. Mulai dari fasilitas seperti toilet. Toilet yang kotor dan bau. Baik pihak bandara dan sipil, tidak bisa bekerjasama untuk menjaga. Begitu juga pedagang2 yang berjualan bebas, sehingga bandara semakin kotor. Jadwal penerbangan pun sering telat karna ketidakdisiplinan. Akhir-akhir ini pun terjadi kecelakaan pesawat, yang dikarenakan keteledoran pengemudi. Keteledoran pengemudi tidak bisa menjadi kesalahan pilot secara pribadi. Tapi juga merupakan kelalaian pihak-pihak lain yang bertanggungjawab untuk hal terkait.

Indonesia adalah negara maritim. Tapi dalam prakteknya, transportasi laut tidak terlalu diperhatikan. Terbukti dengan Indonesia masih menggunakan kapal yang sudah berumur tua, yang tidak layak pakai lagi. Dilihat dari segi keamanan negara, sebenarnya jauh lebih baik memperbanyak kendaraan jalur laut, dibandingkan dengan tujuan untuk memperbanyak bandara di Indonesia. Memperbanyak bandara di Indonesia, jelas membuat turunnya tingkat keamanan jalur udara di Indonesia. Bukan hal yang tidak mungkin negara kita mudah diserang dari berbagai pihak. Kita tidak bisa menutup kemungkinan untuk hal-hal seperti itu.
Parahnya infrastruktur di Indonesia inilah yang menjadi salah satu alasan yang menghambat perkembangan ekonomi di Indonesia. Infrasturuktur yang lemah, membuat banyak akibat-akibat sederhana, tapi yang cukup mengancam. Seperti kurangnya proteksi terhadap produk-produk dalam negeri. Dan kurang didukungnya industri-industri kecil di dalam negeri oleh pemerintah.

Saat ini kita harus segera memperbaiki infrastruktur di Indonesia. Dalam hal transportasi darat, ada baiknya Indonesia lebih memfokuskan pada transportasi kereta api. Agar mengurangi kemacetan di jalan raya. Dalam hal transportasi udara. Sebaiknya fasilitas di bandara segera diperbaiki dan ditingkatkan. Selain itu, rencana pemerintah untuk membangun banyak bandara sebaiknya dipikirkan kembali. Karna pembangunan bandara di sekitar pemukiman penduduk sangat beresiko tinggi. Dalam hal transportasi laut, sebaiknya dibangun lebih bnayak pelabuhan. Baik kapal maupun pekerja nya sama-sama ditingkatkan kualitasnya.

Saya rasa sudah saatnya pemerintah mengatur tingkat penjualan kendaraan transportasi darat di Indonesia. Bisa dengan peraturan kepada perusahaan otomotif. Atau dengan meningkatkan pajak terhadap kendaraan. Selain memperlancar transportasi darat, juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar yang sudah langka. Angkutan umum pun harus diaktifkan dan difasilitasi, agar mengurangi kepemilikan kendaraan pribadi.

Kualitas kendaraan, terutama kendaraan umum, sebaiknya ditingkatkan. Terutama pesawat dan kapal, yang memiliki resiko lebih tinggi. Ada baiknya Indonesia berhenti membeli kendaraan bekas yang sudah kadarluarsa dari luar negeri. Sebaiknya belajar untuk membuatnya sendiri. Atau mau mengorbankan uang lebih banyak untuk membeli kendaraan yang berkualitas. Pemerintah juga perlu menetapkan jangka waktu umur pemakaian kendaraan, agar meminimalisir kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Capcuuus kritik dan saran nya masbro mbabro